Perpustakaan Jaga Gerbang dari Infullution

Rabu, 15 Maret 2017 perpustakaan UGM menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Perpustakaan sebagai Gerbang Informasi Sehat” dengan menghadirkan Bapak Anis Fuad, S Ked DEA, Ph.d Cand. (Fakultas Kedokteran UGM), AKBP Andrie Satiagraha, S.H., SIK dan Kompol Donny Zulianto, S.T., S.H., CHFI (Polda DIY) dan Ida Fajar Priyanto, M. A., Ph. D (Perpustakaan UGM). Acara dibuka langsung oleh Kepala Perpustakaan UGM, Ibu Nawang Pur M. Lib., yang secara khusus mengajak pustakawan dan perpustakaan Indonesia meneguhkan perannya sebagai penjaga gerbang informasi, menyaring informasi yang tepat untuk civitas academica dan masyarakat umum.

Seperti yang juga diungkapkan oleh pembicara pertama, Anis Fuad dalam pemaparannya bertajuk “Prilaku Masyarakat Terhadap Akses Informasi”. Beliau menyatakan bahwa Infollution atau Informasi Pullution, dapat mengaburkan informasi yang yang lebih relevan dan bernilai tinggi. Seiring dengan perubahan perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi informasi dalam lajunya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.

Hal tersebut sejalan dengan pemaparan Ida Fajar Priyanto, “Lingkaran Informasi dan Perpustakaan”, bahwa perpustakaan dapat mengambil peran dalam lingkaran pengaruh informasi tersebut, bukan mengontrol informasi maupun memberikan perhatian khusus kepada beberapa informasi.

Bersamaan dengan acara tersebut, sekaligus diumumkan pemenang lomba penulisan artikel perpustakaan UGM. Adapun pemenang pertama adalah Susanti Agustina (Universitas Pendidikan Indonesia) dengan judul “Alternatig Pemulihan Virus Logical Fallacies dari Informasi Hoax di Media Sosial melalui Biblioterapi”. Pemenang II, Endang Fatmawati (Universitas Diponegoro) dengan judul “Media Literacy Competence : Strategi Cerdas bagi Pustakawan untuk Mewujudkan Informasi Sehat”; Pemenang III, Ari Zuntriana (UIN Maulana Malik Ibrahin) dengan judul “Literasi Informasi di Era Pasca Kebenaran: Membangun Daya Kritis Publik melalui Institusi Perpustakaan”, dan Sri Rumani (Universitas Gajah Mada) dengan judul “Pustakawan di era Digital dan Informasi Sehat”.
Penyusun Nur Cahyati Wahyuni (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*